• Lamborghini lain dari SalmaMungkin Anda yang akan mengambil kuncinya!

    Cukup membuat deposit minimal $ 1.000 ke akun Anda!

    Dapatkan kondisi trading terbaik dan penawaran bonus yang menarik! Kami telah memberikan 6 mobil sport legendaris! Tapi itu tidak berhenti di situ! Lamborghini Huracan berikutnya dari generasi terbaru mungkin menjadi milik Anda!

    Salma - berinvestasi dalam kemenangan Anda!

  • toolbarCollapseOpenAccount_1
  • Salma Kabinet Klien

    • Pengaturan pribadi
    • Akses ke semua layanan Salma
    • Statistik dan laporan terperinci tentang perdagangan
    • Berbagai macam transaksi keuangan
    • Sistem mengelola beberapa akun
    •  Perlindungan data maksimum
  • cabinet_client1

Berita Pasar

Informasi yang direkomendasikan

demo Berita Pasar

Bursa Wall Street Terjun di Tengah Konflik Perdagangan AS

Mayoritas saham di Wall Street mengalami penurunan besar pada akhir penutupan Rabu pagi ini. Bukan tanpa alasan, hal ini dipengaruhi oleh banyaknya investor yang merasa khawatir akan meluasnya konflik dagang terbaru yang diciptakan Donald Trump terhadap para mitra dagangnya. Kemudian yang paling baru adalah diberlakukannya bea import baja dan alumunium dari Argentina dan Brasil.

Sebagai salah satu buktinya, indeks Dow Jones Industrial Average mengalami penurunan sebesar 1,01 % atau sekitar 280,23 poin. Hal ini membuat posisi mereka tergerus menjadi 3.093,20 poin. Pada sisi lain, ada juga yang mengalami penurunan hingga 0,55 % atau 47,43 poin dan berakhir pada titik 27.502,87 poin yakni Indeks Komposit Nasdaq.

Kebanyakan saham unggulan Dow yang lebih dari 30 komponen diperdagangkan di zona merah. Dalam hal ini, intel mencatat kerugian yang muncul mencapai hingga titik 2,76 %. Persentase ini membuat mereka menjadi top loser dibanding saham saham blue chips lainnya. Percaya atau tidak, sembilan sektor S&P yang biasanya stabil juga mengalami penurunan yang sama. 

Dalam hal ini, sektor energi berada pada posisi suram dengan kehilangan indeks sebesar 1,55 %. Sektor satu ini mengalami penurunan terbesar dibandingkan dengan sektor lain di dalamnya. Bahkan saham yang biasanya menjadi penentu arah di kancah perdagangan dunia seperti Boeing dan Caterpillar justru mengalami terjun bebas. Masing masing dari mereka merosot hingga 0,87 % dan 2,03 %.

 

Keputusan Donald Trump Dinilai Jadi Pemicu Utamanya

Beberapa pakar berpendapat kalau hal ini sangat dipicu oleh statement Donald Trump di akun medsosnya beberapa waktu lalu. Pada statusnya itu, Trump memastikan akan memberlakukan tarif biaya import alumunium dan Baja yang berasal dari Argentina dan Brasil. Sudah pasti kondisi pasar dunia akan semakin parah dengan pendapat kali ini.

Trump yang senantiasa menuai kontroversi selalu membuat pasar dunia kebingungan dengan aturan yang dia keluarkan. Alasan dia membuat keputusan tersebut juga tidak kalah kontroversial. Salah satunya adalah pendapatnya yang menyatakan bahwa Argentina dan Brasil sengaja melakukan pelemahan mata uang mereka sendiri, untuk mengambil keuntungan dari ekspor baja serta alumunium ini.

Dante Sica yang saat ini menjabat sebagai Menteri Produksi dan Naker Argentina berpendapat, kalau langkah Donald Trump ini tidak terduga dan tidak beralasan. Dia sama sekali tidak memahami apa imlikasi dari Donald Trump dengan mengeluarkan aturan seperti itu. Dia sangat ingin tahu ruang lingkup dan detail dari keputusan kontroversial yang membuat geger pasar dunia tersebut.

Di sisi lain, Brasil Steel Institute yang menjadi perwakilan eksportir Baja dan Alumunium Brasil mengatakan kalau keputusan Donald Trump ini akan sangat berpengaruh terhadap para produsen baja di Brasil dan Amerika Serikat. Pasalnya produk setengah jadi yang diekspor oleh Brasil merupakan bahan baku utama dari para produsen baja di negeri paman sam tersebut.

Sebelumnya AS juga pernah menaikkan tarif hinga 100% pada produk Perancis dengan alasan negara tersebut sudah mematok pajak yang sangat tinggi terhadap perusahaan teknologi asal AS seperti Facebook, Google, Amazon, dan Apple. Mereka sangat tidak menyangka kalau hal ini juga akan terjadi pada Brasil dan Argentina yang notabene bukan “pesaing” ketat bagi negara adidaya seperti AS.

Tidak Hanya Penurunan Saham Wall Street, Dampak Ekonomi Marjinal Juga Akan Terjadi

Para pakar ekonomi dunia berpendapat kalau hal ini tidak hanya berpengaruh pada kondisi saham di Wall Street saja. Jonas Goltermann yang saat ini menjabat sebagai pejabat senior di Capital Economics mengatakan kalau kebiasaan Trump yang kontroversial ini akan menciptakan kondisi ekonomi marjinal kedepannya.

Lebih jauh kondisi ini juga akan berdampak pada seluruh pasar keuangan dunia. Agresi perdagangan AS yang sangat masif dan sulit ditebak akan dipandang, sebagai bentuk supremasi Trump di pasar dunia. Tapi tentu tidak semua negara akan menerima hal ini. Dikhawatirkan kalau kondisi ini justru akan menjadi boomerang bagi AS sendiri.

Sebagai contoh, ekuitas AS akan terus memburuk dengan kondisi seperti ini. Dampaknya akan jauh lebih besar dibanding memanasnya hubungan perang dagang dengan China. Bahkan jika Uni Eropa melakukan hal yang sama terhadap perusahaan teknologi AS, tentunya hal ini akan sangat merugikan AS sendiri. Trump seharusnya sudah bisa melihat dampak perbuatannya dengan penurunan sektor manufaktur AS yang sangat signifikan beberapa waktu belakangan ini.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama
bg_custom-support

ic_info 24/5 Dukungan Pelanggan

Tim dukungan pelanggan kami yang berdedikasi siap memberikan dukungan lokal dalam 10 bahasa.