• Lamborghini lain dari SalmaMungkin Anda yang akan mengambil kuncinya!

    Cukup membuat deposit minimal $ 1.000 ke akun Anda!

    Dapatkan kondisi trading terbaik dan penawaran bonus yang menarik! Kami telah memberikan 6 mobil sport legendaris! Tapi itu tidak berhenti di situ! Lamborghini Huracan berikutnya dari generasi terbaru mungkin menjadi milik Anda!

    Salma - berinvestasi dalam kemenangan Anda!

  • toolbarCollapseOpenAccount_1
  • Salma Kabinet Klien

    • Pengaturan pribadi
    • Akses ke semua layanan Salma
    • Statistik dan laporan terperinci tentang perdagangan
    • Berbagai macam transaksi keuangan
    • Sistem mengelola beberapa akun
    •  Perlindungan data maksimum
  • cabinet_client1

Berita Pasar

Informasi yang direkomendasikan

demo Berita Pasar

Emas Antam Merangkak Naik Ditengah Jatuhnya Emas Global!

Harga emas kepingan yang diproduksi oleh PT ANTAM (Aneka Tambang) mengalami kenaikan Rp. 1.000 pada penutupan perdagangan hari selasa tadi malam. Harga ini membuat emas antam mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp. 697.000 menjadi 698.000 untuk satu gramnya. Kenaikan ini dipastikan membawa emas antam merangkak naik pada posisi tertingginya pada akhir pekan lalu.

Kenaikan ini sangat bertolak belakang dengan harga emas global beberapa waktu belakangan ini. Sebagaimana diketahui, emas global justru mengalami penurunan yang sangat curam ditengah perang dagang yang berlangsung antara China dan Amerika Serikat. Tidak hanya itu saja, hal ini juga sangat dipengaruhi oleh perang dagang yang baru saja di deklarasikan AS kepada Argentina dan Brasil.

Perang dagang kali ini berkaitan dengan statemen Donald Trump yang menyatakan, bahwa AS akan mulai menerapkan bea import bagi semua produk baja dan alumunium dari Brasil dan Argentina. Di sisi lain, Brasil dan Argentina adalah penyuplai kedelai besar ke saingan AS saat ini, China. Sudah tentu hal ini menuai kontroversi dari para pelaku pasar dunia.

Padahal sebelumnya, China merupakan salah satu negara mengeluarkan ancaman untuk keluar dari perundingan apabila AS tidak menyetujui penghapusan bea impor. Tapi sebaliknya, justru AS malah memberlakukan tarif import terbaru yang akan sangat berpengaruh terhadap China. Tentu saja perang dagang AS terbaru ini akan memperparah kondisi perang dagang mereka dengan China saat ini.

 

Perang Dagang AS Dipercaya Tidak Berpengaruh Besar Terhadap Emas Antam

Menurut beberapa pakar, Hubungan dagang AS – China akan semakin memanas kedepannya. Hal ini juga ditandai dengan keputusan Donald Trump untuk mengesahkan UU HAM dalam menanggapi kondisi Hongkong saat ini. UU HAM Ini diketahui mengisyaratkan pembatasan terhadap ekspor amunisi dan peralatan anti kerusuhan.

Dari sini sudah terlihat jelas intensi AS untuk menjatuhkan kondisi pasar China di mata dunia. Sehingga China tidak akan diam saja menanggapi kondisi seperti ini. Di sisi lain, rupanya kondisi perang dagang AS – China yang sedang memanas tidak berpengaruh besar terhadap harga emas antam dalam negeri. 

Diketahui dari situs resminya, emas antam sendiri berada pada harga Rp 69,8 juta per batangnya. Sebelumnya harga mereka berada pada nominal Rp. 69,7 juta per batang. Kenaikan ini tentunya merupakan sebuah prestasi yang baik bagi emas lokal Indonesia ini mengingat kondisi pasar dunia yang sedang kacau. 

Hal ini justru berbanding terbalik dengan harga emas global yang terus mengalami penurunan signifikan semenjak perang dagang AS – China dan AS – Brasil – Argentina dimulai. Pada penutupan akhir, harga emas global justru terhenti di titik US$ 1.462,34 /oz dari harga sebelumnya yang mencapai US$ 1.463,9/oz.

Padahal biasanya harga emas antam dan harga emas global ini memiliki korelasi yang kuat. Jika emas global mengalami kenaikan, biasanya emas antam juga mengalami hal yang sama. Kemudian jika emas global mengalami penurunan, biasanya emas antam juga mengalami hal yang sama.

Harga Ketersediaan Emas Antam di Gerai Bisa Berbeda

Meskipun begitu, pasar emas antam di dalam negeri juga memiliki keragaman yang berbeda. Hal ini terutama terjadi pada harga emas antam di gerai mereka. Berdasarkan fakta yang ada di lapangan ketersediaan dan harga emas di masing masing gerai bisa sangat berbeda. Perlu diketahui, harga emas antam yang dijual di gerai ini suda termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. 

Apabila masyarakat memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), mereka akan mendapatkan potongan pajak lebih rendah hanya mencapai 0,45%. Di sisi lain, variasi perbedaan harga emas dan naik turunnya ini merupakan indikasi bahwa telah terjadi risiko pada hari sebelumnya. Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi hal ini. 

Salah satu yang memiliki pengaruh sangat besar adalah nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, terjadinya permintaan dan penawaran dalam industri emas, tingkat inflasi, tingkat suku bunga dan isu global yang sedang trending. Sedangkan kenaikan harga emas antam ini juga merupakan satu pertanda kalau masyarakat sedang memiliki kecenderungan untuk terus membeli emas ritel dalam kondisi yang tidak kondusif ini, karena dianggap lebih aman sebagai investasi.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama
bg_custom-support

ic_info 24/5 Dukungan Pelanggan

Tim dukungan pelanggan kami yang berdedikasi siap memberikan dukungan lokal dalam 10 bahasa.