• Lamborghini lain dari SalmaMungkin Anda yang akan mengambil kuncinya!

    Cukup membuat deposit minimal $ 1.000 ke akun Anda!

    Dapatkan kondisi trading terbaik dan penawaran bonus yang menarik! Kami telah memberikan 6 mobil sport legendaris! Tapi itu tidak berhenti di situ! Lamborghini Huracan berikutnya dari generasi terbaru mungkin menjadi milik Anda!

    Salma - berinvestasi dalam kemenangan Anda!

  • toolbarCollapseOpenAccount_1
  • Salma Kabinet Klien

    • Pengaturan pribadi
    • Akses ke semua layanan Salma
    • Statistik dan laporan terperinci tentang perdagangan
    • Berbagai macam transaksi keuangan
    • Sistem mengelola beberapa akun
    •  Perlindungan data maksimum
  • cabinet_client1

Berita Pasar

Informasi yang direkomendasikan

demo Berita Pasar

Fenomena Black Friday Pengaruhi Harga Minyak Dunia

Pernah dengar istilah Black Friday? Black Friday merupakan fenomena yang terjadi setiap tahunnya di Negara Amerika Serikat serta Negara Eropa. Masyarakat di negera tersebut selalu memperingati hari Thanksgiving, dan istilah Black Friday ini menjadi pertanda untuk perayaan tersebut pada hari Jumat. 

Hari Jumat ini sangat spesial dan berbeda dari hari-hari biasa, karena banyak toko yang memberikan diskon secara besar-besaran, khusus untuk merayakan event Black Friday tersebut. Sehingga hari itu merupakan hari yang pas untuk Anda berbelanja berbagai barang branded dengan brand terkenal dari luar negeri.

Di Indonesia sendiri sudah banyak market place  yang mengikuti  perayaan Black Friday ini dan terbukti mendapatkan respon positif dari masyarakat. Jika Anda ingin berbelanja dari situs online luar negeri, maka toko tersebut juga memberikan layanan bebas ongkos  kirim. Tentu hal ini menjadi keuntungan sendiri bagi para konsumen. 

Namun rupanya Black Friday ini juga mempengaruhi beragam sektor industri dunia. Salah satunya ialah harga minyak dunia. Minyak menjadi komoditi utama yang dijual ke luar negeri oleh beberapa negara didunia. Minyak ini harganya dipengaruhi oleh beberapa faktor dan bisa cenderung naik atau turun.

 

Pengaruh Black Friday Pada Harga Minyak Mentah Dunia

Jika masyarakat dunia kini tengah menikmati fenomena black Friday dengan beragam euforianya, tentu kondisi ini berbeda dengan harga minyak mentah dunia. Rupanya event ini justru menyebabkan harga minyak mentah mengalami kenaikan. Kenaikan ini membuat Saudi Arabia menekan pasokan minyak.

Pada saat itu Rusia tengah memberikan aba-aba untuk tetap berkomitmen memperpanjang pengurangan produksi. Selain itu, kesepakatan antara AS-China sepertinya terlihat lebih rumit setelah penandatanganan dua RUU Presiden Donald Trump. dengan tujuan untuk mensuport demo Hong Kong pada Beijing.

Harga minyak naik di hari kedua pada Selasa ini  mengalami kenaikan karena Arab Saudi sebagai pemimpin OPEC serta eksportir minyak terbesar dunia, mendorong produsen untuk mengkaji lebih dalam perjanjian pemangkasan pasokan pada saat pemasok menjadwalkan pertemuan minggu ini. Hal tersebut berpotensi menurunkan pasokan ditahun mendatang.

Brent berjangka mengalami keanikan sebesar 19 sen, atau 0,3%, menjadi $ 61,11 per barel, pasca naik 0.7% pada hari Senin. Sedangkan minyak mentah antara West Texas Intermediate (CLc1) AS mengalami kenaikan 21 sen, atau 0,4%, menjadi $ 56,17 per barel.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) serta sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, kini tegah membahas rencana guna memperpanjang periode pembatasan untuk menjaga pasokan minyak dalam rangka menekan penurunan harga minyak.

Arab Saudi memiliki rencana yang ditujukan langsung  pada pasar sebelum listing yang dimiliki negara Saudi Aramco.Para menteri OPEC berencana melakukan pertemuan di Wina pada hari Kamis mendatang serta kelompok OPEC + juga akan berkumpul di hari Jumat.

Kecemasan mengenaik ketidakmampuan Amerika Serikat serta China, yang merupakan pengguna minyak terbesar di dunia. Dalam rangka mencapai kesepakatan awal untuk menyelesaikan perdebatan perdagangan 17 bulan, mereka turut mempengaruhi harga minyak. Selain itu, juga dipengaruhi data ekonomi AS yang mengecewakan.

Faktor Penentu Harga Minyak Dunia

Harga minyak dunia selama tiga bulan terakhir dipengaruhi oleh adanya gejolak politik antara Amerika dengan Iran. Hal ini juga disebabkan sebagai akibat merosotnya perekonomian Venezuela yang menjadi keputusan OPEC. 

Volatilitas minyak dunia tersebut menyebabkan ketidakpastian bagi para kontraktor migas, pemerintah, serta  investor diseluruh dunia. Kini stok minyak terbesar dipegang oleh Negara Rusia, Arab Saudi serta Amerika Serikat. Arab Saudi rupaya memiliki stok tanker terbesar yang mencapai 10.6 juta barel setiap harinya. 

Angka  tersebut merupakan angka tertinggi yang dicapai Arab Saudi sebagai akibat dari kesepakatan OPEC dengan Rusia juga sekutunya. Pada perjanjian tersebut Arab Saudi berperan sebagai eksportir terbesar di OPEC. Selain itu, memiliki komitmen untuk meningkatkan produksi yang mencapai 1 juta per hari menjadi lebih besar, yaitu 11 juta per hari.

Selain negara-negara yang tergabung pada organisasi OPEC, Amerika dan Rusia dinobatkan menjadi negara dengan produksi minyak terbesar dan melimpah. Minyak dunia sebagian besar dikuasai oleh negara-negara eksportir yang hampir 90% dari total cadangan minyak dunia. Harga minyak  dunia selalu dipengaruhi oleh berbagai aktifitas negara Eropa, Amerika Serikat, serta negara lainnya yang tergabung pada OPEC.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama
bg_custom-support

ic_info 24/5 Dukungan Pelanggan

Tim dukungan pelanggan kami yang berdedikasi siap memberikan dukungan lokal dalam 10 bahasa.